[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”12895″ img_size=”large” alignment=”center” title=”Struktur Organisasi”][vc_column_text]

Tugas Dan Tanggung Jawab

1. MANAGER PUNCAK

a) Tanggung Jawab

Manajer Puncak merupakan pucuk pimpinan laboratorium yang bertanggungjawab untuk melaksanakan pengawasan dan evaluasi operasional teknis serta manajemen laboratorium sehingga efektifitas pemahaman dan penerapan sistem manajemen mutu sesuai SNI ISO/IEC 17025 terpenuhi serta kepuasan pelanggan tercapai.

b) Tugas

    1. Mengesahkan dan mensosialisasikan panduan mutu termasuk kebijakan dan sasaran mutu ke seluruh personil laboratorium;
    2. Mengkomunikasikan efektifitas pemahaman dan penerapan sistem manajemen mutu laboratorium melalui sosialisasi, rapat manajemen regular, serta in-house training;
    3. Menyelenggarakan kaji ulang manajemen laboratorium minimal 12 bulan sekali;
    4. Melakukan audit internal laboratorium;
    5. berkoordinasi dengan manajer terkait untuk menentukan jenis pelatihan personil laboratorium;
    6. Memberikan delegasi kepada manajer terkait, bila berhalangan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

2. MANAGER MUTU

a) Tanggung Jawab

Manajer Mutu bertanggung jawab kepada Manajer Puncak untuk memastikan bahwa sistem manajemen mutu sesuai ruang lingkup kegiatan pengambilan contoh uji dan/atau pengujian, dikomunikasikan, dimengerti, diterapkan dan dipelihara oleh seluruh personil.

b) Tugas

    1. merencanakan, mengkoordinir dan mengevaluasi penyusunan serta melakukan kaji ulang dokumen sistem manajemen mutu laboratorium;
    2. mengesahkan panduan prosedur, instruksi kerja peralatan dan metode termasuk dokumen pendukung dan formulir;
    3. merencanakan, mengorganisasikan, dan mengevaluasi pelaksanaan program audit internal laboratorium terhadap semua elemen sistem manajemen mutu;
    4. bila perlu, melaksanakan audit tindak lanjut untuk memverifikasi penerapan dan efektifitas tindakan perbaikan yang dilakukan oleh audite;
    5. merencanakan, melaksanakan, evaluasi penerapan keselamatan dan kesehatan kerja serta pengelolaan limbah laboratorium;
    6. melakukan validasi data hasil pengujian dan menandatangani laporan pengujian serta bila diperlukan, memberikan opini dan interpretasi hasil pengujian;
    7. memberikan delegasi kepada manajer terkait atau kepada personil yang menjadi tanggung jawabnya, bila berhalangan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

3. MANAGER TEKNIS

a) Tanggung Jawab

Manajer Teknis bertanggung jawab kepada Manajer Puncak dalam hal memastikan semua aspek operasional teknis dan kelengkapan sumber daya yang dibutuhkan untuk validitas data hasil pengambilan contoh uji dan/atau pengujian sesuai kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

b) Tugas

    1. Melakukan kaji ulang permintaan, tender dan kontrak secara teknis serta menentukan subkontraktor yang kompeten bila dibutuhkan;
    2. Merencanakan dan mengkoordinir penerapan jaminan mutu dan pengendalian mutu pengambilan contoh uji dan/atau pengujian;
    3. Mengkoordinir partisipasi program uji profisiensi/uji banding serta melakukan investigasi bila hasil tidak memuaskan;
    4. Mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan validasi/verifikasi metode pengujian;
    5. Melakukan validasi data hasil pengujian dan menandatangani laporan pengujian serta bila diperlukan, memberikan opini dan interpretasi hasil pengujian;
    6. Merencanakan, menyusun dan mengevaluasi program kalibrasi serta menentukan laboratorium kalibrasi yang kompeten untuk melaksanakan kalibrasi peralatan;
    7. Menyelesaikan pengaduan pelanggan terkait dengan aspek teknis laboratorium termasuk mutu data hasil pengujian;
    8. Melakukan audit internal laboratorium;
    9. Memberikan delegasi kepada manajer terkait atau kepada personil yang menjadi tanggung jawabnya, bila berhalangan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

4. MANAGER ADMINISTRASI

a) Tanggung Jawab

Manajer Administrasi bertanggung jawab kepada Manajer Puncak dalam hal merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi semua aspek terkait dengan pengelolaan data hasil pengujian dan administrasi laboratorium.

b) Tugas

    1. Menyelesaikan dan mendokumentasikan semua aspek administrasi yang dibutuhkan antara laboratorium dengan pihak lain;
    2. Menerima contoh uji, pemindahan data hasil pengujian ke dalam format laporan dan menyampaikan laporan hasil pengujian kepada pelanggan;
    3. Menerima pengaduan termasuk umpan balik pelanggan dan berkoordinasi dengan manajer terkait untuk menyelesaikannya;
    4. Merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang atau jasa, melakukan evaluasi pemasok serta verifikasi barang secara administrasi sebelum digunakan;
    5. Menentukan jenis pelatihan dan memelihara rekaman kualifikasi personil laboratorium;
    6. Melakukan audit internal laboratorium;
    7. Memberikan delegasi kepada manajer terkait atau kepada personil yang menjadi tanggung jawabnya, bila berhalangan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

5. PENYELIA LABORATORIUM

a) Tanggung Jawab

Penyelia Laboratorium bertanggung jawab kepada Manajer Teknis untuk evaluasi pelaksanaan pengujian di laboratorium.

b) Tugas

    1. Mengevaluasi penerapan jaminan mutu dan pengendalian mutu metode pengujian;
    2. Melaksanakan validasi/verifikasi metode pengujian;
    3. Melakukan verifikasi data hasil pengujian;
    4. Minimisasi ketidaksesuaian yang dapat menurunkan mutu data hasil pengujian;
    5. Melakukan penyeliaan yang memadai kepada analis laboratorium;
    6. Menunjuk analis senior yang menjadi tanggung jawabnya, apabila berhalangan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

6. PENYELIA SAMPEL

a) Tanggung Jawab

Penyelia Pengambil Contoh uji bertanggung jawab kepada Manajer Teknis untuk evaluasi pelaksanaan pengambilan contoh uji di lapangan

b) Tugas

    1. Membuat perencanaan pengambilan contoh uji sesuai dengan Good Environmental Sampling Practice;
    2. Mengevaluasi penerapan jaminan mutu dan pengendalian mutu pengambilan contoh uji;
    3. Melakukan verifikasi data hasil pengukuran di lapangan;
    4. Minimisasi ketidaksesuaian yang dapat menurunkan mutu data hasil pengukuran di lapangan;
    5. Melakukan penyeliaan yang memadai kepada petugas pengambil contoh uji;
    6. Menunjuk petugas pengambil contoh uji senior yang menjadi tanggung jawabnya, apabila berhalangan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

7. ANALIS SAMPEL

a) Tanggung Jawab

Analis bertanggungjawab kepada penyelia untuk melaksanakan pengujian sesuai dengan prosedur mutu yang telah ditetapkan.

b) Tugas

    1. Melakukan pemeriksaaan contoh uji sesuai prosedur dan metode pengujian
    2. Mengumpulkan data pengujian dan melaporkan kepada penyelia
    3. Mengajukan kebutuhan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam pengujian

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]